Salam Pendidikan,

Kurikulum Merdeka adalah suatu kurikulum yang saat ini sedang diupayakan pemerintah untuk dapat menyebar luas ke seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Penerapan kurikulum merdeka salah satunya adalah pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kurikulum Merdeka SMK utamanya dimaksudkan agar mampu memcetak peserta didik yang inovatif dan dapat bersaing di era industri.

Keunggulan Kurikulum Merdeka

Berdasarkan pada pernyataan Menteri Nadim Makarim, Kurikulum Merdeka setidaknya memiliki 3 (tiga) buah keunggulan sebagai berikut:

Pertama, dari segi materi ajar yang diberikan kepada para peserta didik, dalam Kurikulum Merdeka seluruh pelajaran bersifat lebih sederhana dan esensial. Di samping itu, materi ajar juga lebih disesuaikan dengan jenjang kompetensi jenjang tiap peserta didik yang ada di masing-masing satuan pendidikan.

Kedua, Kurikulum Merdeka memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para peserta didik untuk mengembangkan minat dan potensinya. Selaras dengan slogannya yaitu ‘Merdeka Belajar’.

Ketiga, Kurikulum Merdeka dalam pelaksanaannya bersifat lebih interaktif dan relevan pada perkembangan zaman saat ini. Pusat orientasi aktifitas pembelajaran bukan lagi terdapat pada seorang guru, melain pada siswa. Para siswa dapat berkreasi secara lebih leluasa dan mengembangkan pikiran mereka dengan lebih terbuka. Hal ini didukung dengan adanya pembelajaran berbasis proyek dan penguatan profil Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

Tantangan Kurikulum Merdeka

Di samping keunggulannya tersebut, Kurikulum Merdeka juga memiliki tantangan yang dihadapi. Hal ini dinilai wajar sebab Kurikulum Merdeka masih tergolong baru dan membutuhkan banyak penyesuaian sehingga pada akhirnya dapat diterima.

Beberapa tantangan Kurikulum Merdeka apabila diidentifikasi dapat dilihat dari beberapa hal di bawah ini:

  • Kurikulum Merdeka mendapat banyak kritik dari berbagai kalangan, baik itu pengamat pendidikan atau pun praktisi di tinkat sekolah. Masih banyak yang menilai bahwa belum ada urgensi yang mendesak tentang perubahan kurikulum untuk saat ini.
  • Tantangan berikutnya adalah dalam hal kesiapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang sudah dirancang sejak sekitar tahun 2021 ini harus terus diawasi agar seiring berjalannya waktu, penerapan Kurikulum Merdeka akan berjalan sesuai apa yang diharapkan.
  • Penguatan pendidikan karakter Pancasila dalam berbagai projek pembelajaran juga menjadi tantangan yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Pasalnya, setiap satuan pendidikan tentu memiliki kapabilitas yang berbeda-beda dalam meningkatkan karakter Pancasila. Sehingga, pembinaan lebih lanjut mungkin akan sangat diperlukan.
  • Aspek tenaga pendidik juga tidak akan luput dari sorotan tantangan impelementasi Kurikulum Merdeka. Sebab, terdapat beberapa pembaharuan dalam sistem pengajaran seperti dalam penyusunan RPP dan perumusan indikator capaian siswa, guru harus selalu up to date terhadap standar Kurikulum Merdeka yang berlaku.

Kurikulum Merdeka untuk SMK

Kurikulum Merdeka yang saat ini sedang gencar diperkenalkan oleh pemerintah dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. salah satu penerapan Kurikulum Merdeka yang cukup berpengaruh adalah pada jenjang SMK. Penerapan Kurikulum Merdeka di SMK bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan daya kreasi peserta didik agar siap menghadapi dunia industri.

Produk Kurikulum Merdeka untuk SMK yang paling utama adalah SMK Pusat Keunggulan.

Program SMK Pusat Keunggulan adalah salah program prioritas dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini diterapkan sebagai upaya untuk mendorong peserta didik SMK agar mampu memiliki keahlian tertentu sehingga menjadi insan yang berkualitas dan siap untuk bekerja.

Program SMK Pusat Keunggulan ini adalah kelanjutan dari program SMK Center of Excellence (CoE) dan Revitalisasi SMK yang telah terlebih dahulu dijalankan. Dalam program SMK Pusat Keunggulan terdapat kegiatan kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang melibatkan pemerintah daerah serta perguruan tinggi vokasi sebagai aktor pendamping. Poin pokok dari segala aktifitas dalam program SMK Pusat Keunggulan adalah pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia.

Dalam mendukung aktifitas pembelajaran pada program SMK Pusat Keunggulan, pemerintah melakukan penyelarasan dengan 8 (delapan) aspek link and match, sebagai berikut:

  • Pertama, kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills, dan karakter etos kerja sesuai kebutuhan industri dan dunia kerja saat ini.
  • Kedua, pembelajaran diupayakan berbasis real project dari dunia kerja (project based learning) untuk memastikan hardskills, softskills, dan karakter individu dapat terbentuk dengan kuat.
  • Ketiga, peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja. Mengutip dari Menteri Nadim Makarim, peningkatan telah terjadi secara signifikan sampai mencapai 50 jam/semester/program keahlian.
  • Keempat, praktik kerja lapangan/industri minimal dilakukan selama satu semester.
  • Kelima, bagi lulusan dan bagi guru/instruktur sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja.
  • Keenam, bagi guru/instruktur perlu ditekankan untuk memperbarui teknologi melalui pelatihan secara rutin.
  • Ketujuh, dilakukannya riset terapan yang mendukung teaching factory berdasarkan pada kasus atau kebutuhan nyata di dunia industri.
  • Kedelapan, komitmen serapan lulusan oleh dunia kerja. Untuk poin ini Kemendikbud mendorong ditingkatkannya kolaborasi dengan instansi maupun perusahan. Di antaranya dapat dilakukan melalui kerja sama beasiswa dan/atau ikatan dinas, donasi dalam bentuk peralatan laboratorium, dan lainnya.

Struktur Kurikulum Merdeka SMK

Perubahan kurikulum SMK/MAK diawali dengan penataan ulang Spektrum Keahlian SMK/MAK. Spektrum Keahlian adalah daftar bidang dan program keahlian SMK yang disusun berdasarkan kebutuhan dunia kerja yang meliputi: dunia usaha, dunia industri, badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, instansi pemerintah atau lembaga lainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya. Spektrum Keahlian SMK/MAK merupakan acuan penyusunan struktur kurikulum serta pembukaan dan penyelenggaraan bidang dan program keahlian pada SMK. Setiap program keahlian terdiri atas minimum 1 (satu) konsentrasi keahlian. Konsentrasi keahlian diselenggarakan dalam program 3 (tiga) tahun atau program 4 (empat) tahun diatur lebih lanjut dalam keputusan pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.

Struktur kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam jam pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau per 4 (empat) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran secara fleksibel di mana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun.
Struktur kurikulum SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
a. pembelajaran intrakurikuler; dan
b. projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

Link unduhan Kurikulum Merdeka SMK : klik disni

Berikut kurikulum merdeka untuk jenjang lainnya:

 

Related post
Struktur Kurikulum SMK PK

Salam Pendidikan, Pembelajaran pada SMK pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan merupakan pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi, Read more

Sistem penjaminan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Salam Pendidikan, Halo sobat SMK, tahu kha kamu bahwa SMK sejak tahun 2020 (Sektor CoE) telah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Read more

Prinsip Pengembangan Kurikulum Operasional Di Satuan Pendidikan

Salam pendidikan, Prinsip pengembangan kurikulum operasional sekolah (KOS) ini bertujuan untuk membantu proses berpikir dalam menyusun kurikulum operasional sekolah. Diharapkan Read more

Kurikulum Operasional Pada Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan

Salam pendidikan, Proses penyusunan Kurikulum SMK Komponen KOS Karakteristik Satuan Pendidikan dan Program Keahlian Visi dan Misi Satuan Pendidikan Tujuan Read more

By dw tobi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!